Rabu, 07 Desember 2011

Tentang Farohis

Tentang Farohis

Forum Aktifis Kerohanian Islam berusaha mengaplikasikan seruan Allah SWT :
“ dan hendaknya ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebaikan, yang menyeru kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar, merekalah orang-orang yang beruntung.” ( QS. Ali Imron[3]: 104)

Dan seruan rasulullah dalam hadistnya :

jika kamu melihat kemungkaran maka ubahlah dengan tanganmu, jika tidak mampu dengan lisanmu dan jika tetap tidak mampu dengan hatimu, sesungguhnya itulah serendah-rendahnya iman” (HR. Imam Muslim)

Forum Aktifis Kerohanian Islam adalah suatu lembaga yang memiliki tujuan untuk melakukan pembinaan terhadap generasi muda dengan nilai-nilai islami. Lembaga ini beranggotakan rohis antar sekolah yang bergabung menjadi lembaga farohis dan remaja-remaja dengan beragam latar belakang pendidikan, di tunjang dengan suatu kesatuan pemikiran untuk menyiapkan kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda guna membentuk kepribadian islam di tengah masyarakat.

            Forum Aktifis Kerohanian Islam sebagai lembaga yang selama ini terlihat dalam membina pelajar di Probolinggo, bermaksud melakukan upaya-upaya perbaikan dalam pembinaan generasi muda dengan berbagai program yang ditawarkan dalam rangka usaha menanggulangi problematika dikalangan remaja.

            Lembaga ini menjadi mitra bagi para pemuda dan pelajar dalam mengembangkan dirinya, baik dalam wawasan moral, intelektual, maupun kepribadiannya. Lembaga ini juga selalu siap menjadi mitra dari lembaga-lembaga lain yang memiliki kesamaan strategi induk (visi, misi, tujuan).
           
            Forum Aktifis Kerohanian Islam dibentuk pada tanggal 29 April 2007 di Probolinggo. Forum Aktifis Kerohanian Islam sudah menghasilkan berbagai kegiatan pembinaan pelajar, baik secara priodik maupun insidental. Beberapa kegiatan yang sudah dilakukan dianataranya : Penyebaran Buletin, Out Bound, memberikan pelatihan mamajemen dan kepemimpinan, membentuk forum pelajar, dll.

Kekhususan Forum Aktifis Kerohanian Islam :

1.      Persepektif pembangunan dan pembentukan kepribadian islam\, melalui pola piker dan pola sikap yang islami.
2. dalam aktifitasnya berbasis pada syari’ah yang memiliki tolak ukur “ al ashlu fil af’al attaqoyyudu’bilhukmidy syar’i ”. tolak ukur tersebut diformulasikan menjadi SMART, yakni sebuah program/ kegiatan haruslah spesifik, measurable ( dapat di ukur), attanable (dapat di capai), realistic dan timely basic ( berorientasi waktu).
3.     sasaran Forum Aktifis Kerohanian Islam adalah para pelajar Probolinggo.
4.     proses kajian berorientasi pada aksi nyata.
5.   metode pendidikan dan pembinaan dengan konsep irtifa’ul fikri (peningkatan taraf berfikir) dalam rangka pembentukan Kepribadian Islam.

0 komentar:

Posting Komentar

ngaji yuk...!!!